1 November 2018
Comments 0
1 November 2018, Comments 0

Manfaat Sertifikasi ISO 14001

IAS Indonesia – Organisasi yang berniat untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 merupakan organisasi yang ingin mengurangi dampak dari pencemaran lingkungan. Sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2015 memberikan bagaimana organisasi mengidentifikasi secara sistematik dan mengelola resiko lingkungan sehingga mampu melindungi lingkungan secara komprehensif dan dapat mengurangi keluhan masyarakat secara umum.

Didalam penerapan sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2015 tidak semua organisasi mengimplementasikan secara lancar, beberapa kendala yang di hadapi biasanya adalah Kurangnya sosialisasi dari manajemen ke karyawan terhadap sistem manajemen lingkungan ISO 14001 , Tidak adanya dukungan dan komitmen dari top manajemen sehingga motivasi staff karyawan di dalam menjalankan sistem menjadi berkurang, Kurangnya kesadaran karyawan terhadap lingkungan tidak bertambah karena banyaknya organisasi yang masih belum sadar akan manfaat dari implementasi sistem ISO 14001:2015 dan Budaya organisasi terhadap pengelolaan lingkungan yang masih rendah ditandai dengan perilaku karyawan di organisasi yang masih kurang aware terhadap pengelolaan lingkungan.




Manfaat Sertifikasi ISO 14001

Meningkatkan Image Positif Perusahaan
Organisasi yang sudah menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 dan sudah mendapatkan sertifikat ISO 14001 berarti sudah mengikuti kewajiban persyaratan lingkungan dengan hal tersebut bisa menjadikan perusahaan lebih menarik calon pelanggan dan stakeholder. Kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru akan lebih banyak karena adanya jaminan dari organisasi bisa menangani potensi operasi yang berhenti yang diakibatkan adanya insiden lingkungan.

Operasional menjadi lebih efektif
Prosedur yang terkait pada Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 dapat membantu perusahaan bekerja lebih efektif dan teratur dalam pengendalian pencemaran, mengevaluasi pengelolaan lingkungan, efisiensi pemakaian sumber daya, meningkatkan komunikasi di internal maupun eksternal perusahaan.



Menekan biaya operasional
Dengan adanya Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 perusahaan dituntut untuk bisa mengidentifikasi aspek lingkungan, misalnya saja limbah, diharapkan dapat melakukan pengurangan terhadap limbah. Secara otomatis dengan limbah yang berkurang dapat menurunkan biaya untuk proses pengolahan limbah perusahaan.

Sesuai dengan peraturan
Dalam ISO 14001:2015 dipersyaratkan untuk mengidentifikasi peraturan perundang-undangan dan persyaratan lain serta mengambil tindakan perbaikan / pemenuhan. Sehingga dapat memastikan bahwa perusahaan mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku. Dan juga terjamin terhindar dari sanksi dan tindakan melanggar hukum.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Sertifikasi ISO 14001 bagi organisasi dan perusahaan. Apabila anda ingin mendapatkan sertifikasi ISO 14001:2015 silahkan menghubungi kami di 0813.9900.3779.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.