9 November 2018
Comments 0
Category Blog
9 November 2018, Comments 0

Lembaga Sertifikasi ISO di Indonesia – Perusahaan harus dapat memastikan dan bertanggung jawab agar bisa meminimalisir resiko bahaya dari kecelakaan kerja dan kesehatan kerja ISO sudah membuat standar baru yaitu ISO 45001 agar organisasi dapat mengelola resiko kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dan memperbaiki kinerjanya. Penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3) akan menjadi sebuah keputusan strategis bagi perusahaan yang bisa digunakan untuk mendukung inisiatif keberlanjutan, dan lebih memastikan masyarakat menjadi lebih aman dan lebih sehat serta dapat meningkatkan keuntungan di saat yang bersamaan. Di dalam melakukan kegiatan di perusahaan bisa menimbulkan berbagai macam resiko cidera dan kesehatan yang buruk dan bisa menyebabkan kematian, oleh sebab itu sangat penting bagi perusahaan dan organisasi agar dapat mencegah, meminimalisir dan menghilangkan resiko akibat kerja melalui tindakan pencegahan yang tepat. Pekerja atau karyawan adalah yang paling beresiko terhadap K3, oleh sebab itu keterlibatan mereka didalam implementasi keselamatan dan kesehatan kerja di organisasi dan perusahaan sangat diperlukan.





Apa Itu ISO 45001

Sebagai standar internasional ISO 45001 sudah menentukan persyaratan sistem Manajemen kesehatan dan keselamatan kerja atau K3 (OH&S) agar organisasi bisa memperbaiki kinerja kesehatan dan keselamatan kerja secara proaktif dalam mencegah terjadinya kecelakaan akibat kerja dan penyakit akibat kerja yang berdampak buruk terhadap kesehatan.

Seluruh persyaratan dimaksudkan untuk di integrasikan kedalam proses manajemen organisasi sendiri, ISO 45001 bertujuan agar dapat di terapkan di semua organisasi dan perusahaan apapun tanpa melihat jenis, ukuran dari besarnya organisasi tersebut.

Dengan ISO 45001 organisasi dapat menerapkan sistem kesehatan dan keselamatan kerja  sesuai dengan peraturan dan persyaratan undang undang dan peraturan lain yang berlaku di tiap tiap negara. Sehingga dapat mempermudah organisasi dalam mengawasi segala peraturan yang harus di penuhi dan di patuhi.

Manfaat Sertifikasi ISO 45001Di dalam ISO 45001 tidak menyebutkan kriteria yang khusus dalam menentukan kinerja kesehatan dan keselamatan kerja, juga tidak menentukan desain sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di organisasi. Organisasi harus menentukan sendiri secara spesifik di dalam merancang sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di dalam mencegah terjadinya kecelakaan akibat kerja dan kesehatan yang buruk. Bagi usaha kecil dengan tingkat resiko yang rendah dapat menerapkan sistem secara sederhana, dan sebaliknya bagi organisasi yang besar dan dengan resiko yang tinggi perlu mendesain dan menerapkan sistem yang lebih kompleks. Di dalam penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di tiap organisasi bisa berbeda serta tergantung keefektifan penerapan di organisasi tersebut.



Di dalam ISO 45001 tidak secara khusus mengatasi problem seperti kerusakan properti, keamanan produk dan dampak lingkungan serta organisasi tidak wajib mengatasi masalah ini kecuali sampai menimbulkan resiko bagi pekerja.

Didalam ISO 45001 tidak dimaksud sebagai dokumen mengikat secara hukum, ISO 45001 merupakan alat bagi manajemen secara sukarela oleh organisasi yang bertujuan dapat mencegah, meminimalisir dan menghilangkan resiko bahaya.

Manfaat Penerapan ISO 45001

  • Dapat Meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan dan perundangan dan mencegah permasalahan yang ditimbulkannya
  • Dapat memenuhi sebagai suatu persyaratan Tender
  • Dapat menekan biaya insiden
  • Dapat mengurangi downtime dan biaya gangguan operasi
  • Dapat mengurangi biaya premi asuransi
  • Dengan mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja bertujuan untuk mengurangi atau meminimalisir dan mencegah kecelakaan akibat kerja atau sakit akibat kerja
  • Dapat menentukan bahaya dan risiko yang terkait dengan aktivitasnya dan berusaha untuk menghilangkannya, serta melakukan kontrol untuk meminimalisr dampak potensial resiko dan bahayanya.
  • Menetapkan pengendalian operasional untuk mengelola risiko K3 dan persyaratan hukum dan lainnya
  • Meningkatkan kesadaran akan risiko kesehatan dan keselamatan kerja
  • Mengevaluasi kinerja kesehatan dan keselamatan kerja dan berusaha untuk memperbaikinya, melalui tindakan yang tepat
  • Memastikan pekerja berperan aktif dalam masalah kesehatan dan keselamatan kerja
  • Memaksimalkan efektifitas dan efisiensi pekerja dan alat dengan mengurangi downtime karena cedera atau sakit akibat kerja
  • Membuka pasar baru terutama bagi customer yang mensyaratkan kesehatan dan keselamatan kerja
  • Mengurangi ketidak hadiran dan tingkat turnover karyawan

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Sertifikasi ISO 45001 bagi organisasi dan perusahaan. Segera hubungi kami apabila anda ingin mendapatkan sertifikasi 45001.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.